Selamat datang, my brother and sista rohimakumulloh..

Cari Blog Ini

Sabtu, 29 Mei 2010

Tuhanku Maha SemauNya

Tuhanku Maha SemauNya

“Bila Dia bisa diatur maka Dia bukan tuhan kita”


Al kisah, disebuah dusun terpencil bla bla bla... kenapa banyak dongeng-dongeng waktu kita masih kecil sering diawali dengan kata-kata semacam itu ya? Entah pendongengnya yang kurang kreatif atau ceritanya diperuntukan untuk anak-anak ya? Ga tau deh, yang pasti setiap kita mau mulai sebuah tulisan tentang suatu cerita maka kata-kata ini pasti dengan segera muncul dikepala kita, selidik punya selidik ternyata otak kita selalu menampilkan apa yang sering kita pikirkan. Entah pikiran itu kita dapat dari lingkungan sekitar atau dari diri kita sendiri.
Terlepas dari apakah itu pikiran baik atau pikiran buruk pasti akan ditampilkan dalam ingatan kita, oleh karena itu dalam islam selalu diajarkan agar kita setiap saat mengingat-Nya, saya ga akan menampilkan dalil dari Al Qur’an atau Hadist karena saya tahu bahwa pembaca sekalian pastinya lebih paham dengan Ayat dan Hadist yang dimaksudkan, bahkan sebenarnya ga perlu juga saya membuat tulisan ini karena sebenarnya para pembaca juga sudah sangat memahami dengan apa yang saya tuliskan, ( biar tulisannya keliatan cool and terkesan rendah hati padahal lupa dalilnya... ;), tapi karena prinsip otak yang selalu mengikuti trend yang sering kita pikirkan maka sebenarnya tulisan ini hanya sekedar pengingat, agar otak selalu menampilkan pemikiran yang religius, semakin sering mengingat maka akan semakin tenanglah kita, orang tenang biasanya bahagia, dan hanya dengan mengingatNyalah hati akan menjadi tenang.
Apa? Mau nanya dalilnya? Ngga ya? Engga kan? Jangan deh soalnya penulis sangat sensi kalo ditanya dalilnya surat apa? Ayat berapa? Hadist apa? Perawinya siapa? Ampuuun deh ya penulis juga manusia biasa, ribet kali kalo harus ngapalin semua ayat yang 6666 itu tambah lagi ribuah hadist, apalagi kita dituntut ga sekedar hafal tapi juga harus paham dan menjalankannya... beuuuh... beraaaaat boss... memang ada sejumlah ulama atau apalah gitu yang sudah special dipersiapkan oleh Allah untuk melakukannya, nah buat kita yang biasa-biasa aja gimana? Ya kita pake hati dan pikiranlah, berbuat yang baik, bicara yang baik, sopan, ramah, tulus, dll, ya pokonya yang baik-baik ajalah, pastinya akan sesuai dengan ajaran Al Quran ‘n Hadist. Iya bener sih tapi kan kadang kita butuh pedoman dalam mengambil keputusan mau bertindak seperti apa?, Baiknya bagaimana?, kadang kalo kita ngikutin perasaan hati saja ko kayanya masih meragukan ya, padahal sesuatu yang meragukan itu kan ga baik, nah untuk alasan itulah kita perlu banyak mengingat Allah, dengan banyak mengingatnya hati ini akan semakin tenang, hati ibarat air, dan pikiran adalah gelombangnya, hati akan merefleksikan segala sesuatu dengan sangat jelas bila seseorang mampu menenangkan pikirannya. Ya dengan banyak mengingat itu tadi. Contoh... ( blog yang kemaren ada masukan buat penulis harus kasih contoh yang simple2 aja, ok masukan diterima :) ) contoh simplenya begini: iseng – iseng kalo ada orang lewat depan rumah kita timpa pake batu, kira2 perlu orang hafal Al Quran dan Hadist ga buat menilai perbuatan kita itu salah atau benar? Waktu kita mau melakukan hal yang kurang baik itu pasti dalam hati kita ada yang akan mengingatkan bahwa itu perbuatan yang ga baik, ya kan? Ya kalo contohnya sesimple itu mah gampang, tapi kalo dah dalam pengambilan keputusan yang rumit dan sangat pelik kan harus ada pedoman baku.!!! :) penulis bukannya mau bilang ga usah baca Al Quran ‘n hadist waduh jangan sampe salah tafsir ya, buahayaaa... penulis bisa langsung dideportasi ke neraka ih sereeem......
Maksud penulis adalah bila kita sering mengingatNya hati kita akan sangat mudah untuk memahami kandungan dan isi Al Quran dan hadist itu sendiri, begitu maksudnya loh, Al Quran dan Hadist harus sering-sering dibaca ya. jadi semakin kita sering mengingatnya semakin tenanglah hati kita ini semakin jelaslah batasan antara baik dan buruk. Eiiiitts, ga semua permasalahan tentang baik dan buruk, hitam dan putih, diantara itu juga ada area abu-abu. Sesuatu yang ga jelas. He hehe kalo memang dah ga jelas ngapain dibahas. :)
Tidak bisa dipungkiri bahwa kita manusia ini selalu bergumul dengan permasalahan area abu-abu, hingga timbul suatu perdebatan yang seharusnya ga perlu dilakukan, saling adu pengetahuan, saling adu hafalan, saling unjuk kebolehan, kalo mau jeli memahaminya, inilah area abu-abu itu. Hanya dalam sebuah perdebatan dan adu argumenlah area abu-abu itu muncul, sangat membingungkan saat semuanya mengklaim sebuah kebenaran. putuskan saja keberpihakan kita mau pada area mana? Mau salah kah? benar kah? Pastinya kita pilih yang benar kan, kebenaran sejati ada di dalam hati. Ga peduli seberapa pandai kita berceloteh, ngoceh ngalor ngidul, omong ini omong itu, kita tau bahwa sebenarnya hati kita berkata apa. Kecuali orang yang sudah terbiasa membohongi diri sendiri, orang yang sudah dikunci hatinya oleh Allah. Tiada suatu kebenaran apapun yang bisa dipahaminya. Nauzubillaminzalik. Semoga Allah mengampuni kita hingga terbukalah pemahaman dihati kita bahwa diri kita dan alam semesta ciptaan tuhan ini juga merupakan ayat-ayat yang mengagungkan namaNya. Allahu Akbar.
Well, kayanya cukup openingnya, busyet dah, openingnya panjang beneeeeer harus dikasih kesimpulan dulu ya biar ga lupa. Intinya kita harus banyak mengingat Allah agar hati kita tenang dan bersih. :) Cuma segitu aja ko penjabarannya panjang bener!!! Ya iya memang sudah begitu kenyataannya. Tugasnya nabi kita juga kan sebenarnya simple, ‘hanya’ untuk memperbaiki ahlaq. Tapi persenjataannya kan 6666 ayat dan ribuan hadist yang semuanya pada intinya adalah untuk perbaikan ahlaq dan membimbing orang untuk menjadi baik, serta menanamkan kepasrahan yang dalam pada Ilahi.
Baiklah para pembaca sidang blogger yang saya hormati (kaya jum’atan aja :)) kita lanjut ya, setelah berjuang dan berusaha jadi orang baik dan berhasil jadi orang baik ada satu syarat lagi yang kadang kita lupain, karena seringnya kita berbuat baik dan beramal sholeh, ya namanya juga manusia kadang kita merasa udah aman kalo dah melakukan kewajiban dan menjauhi larangan cihuy enjoy lupa ma tuhan, yang harus kita ingat selalu adalah bahwasannya tuhan kita itu punya sifat berkehendak artinya, mau-maunya Dialah, suka-suka Dialah, namaNya juga tuhan mau kita dah beramal siang malem, sujud ampe nyungsep, jidat ampe totol-totol item,  kalo Allah berkehendak kita masuk neraka ya masuk dah kita ke neraka, lha Dia Jagoannya. Sifat berkehendaknya Allah itu kalo kita tafsirkan dalam bahasa mudahnya akan seperti ini:
“Mau orang baik masuk neraka atau orang jahat masuk surga Ya terserah Saya dooong…” ya iyalah Tuhanku harus Maha SemauNya ga boleh ada sesuatu yang mengaturNya. Bila dia bisa diatur maka dia bukan tuhan kita. Ga ada sesuatu apapun yang berkuasa atas diriNya kecuai diriNya sendiri.
Ada sebuah riwayat yang menceritakan bahwa ada seorang pemuda, kita sebut saja namanya Tommy (waktu hamil ibunya ngidam soto mi :)) piss Tom :) alkisah si Tommy ini sedari kecil sampe dewasa, setiap hari kerjaannya sholat, ngaji, sering membantu ibu, ramah pada teman, giat bekerja, singkatnya si Tommy ini baik bangetlah pokonya, karena bener-bener baiknya si Tommy ini sampe-sampe infotainment langit tiap hari nyiarin dia, dia jadi bahan pembicaraan para malaikat dan tiap hari malaikat-malaikat itu berdoa buat dia. Jibril yang jadi kaptennya malaikat itu sampe heran ko ada ya orang bisa sebaik ini, jarang-jarang ada orang begini, tapi namanya manusia pasti punya salah, coba saya lihat dulu catatan orang itu kata Jibril dalam hati. Login deh Jibril di web langit, browsing... browsing... dapet juga catatan kehidupan si Tommy, sambil terkagum-kagum dibaca halaman demi halaman kehidupannya si Tommy, baik semua, ck ck ck mantaaap... kata Jibril sambil geleng –geleng, Tapi pas sampe halaman terakhir Jibril kaget,.. et dah!!! ( sory bahasa aslinya keluar :) kan kata nabi, biar paham sampaikanlah dalam bahasa kaummu sendiri, betawi gpp ya :)) bujug.., ga salah nih catetan? Jibril bingung karena mendapati tulisan akhir hidupnya si Tommy dinyatakan masuk Neraka!!! Haaaaah,,, :O akhirnya Jibril datang menghadap Allah.
Ya Allah ya Robbi, Ampun ya Allah hamba barusan login ke Lauhil Mahfudz (kitab kehidupan) kayanya ada catetan yang aneh deh, hamba tadi lihat catetan manusia yang akhir-akhir ini sering disiarin di Infotainment Langit, si Tommy ya Rob, kok dia akhirnya masuk neraka ya? Padahal selama hidupnya dia berbuat baik, tanya jibril kebingungan. Hey Jibril, You lupa ya Aku ini Tuhan bril..., terserah Aku dong, mau-maunya Aku dong, kata Allah. Jibril bengong sambil bilang,.. oh iya ya...semua pasti terserah padamu ya Robbi, ya oke lah kalo beg beg beg begitu, hamba mohon izin mau turun ke dunia sebentar ke si Tommy, mau ngucapin turut bersedih atas nasibnya. boleh kah ya Allah? Ya boleh, silahkan. Kata Allah.
Turun deh jibril ke dunia, cuuuussss... syuuuut.... langsung sampe didepan si Tommy, Assalamualaikum, Tom, saya Jibril. Waalaikum salam jawab Si Tommy dengan nada yang lembut and tenang banget. Ada apa ya Jibril engkau berkenan datang kepadaku? Lanjut Si Tommy kalem. Jibril berkata sambil pasang muka melas, Sorry ya Tom, saya datang bawa kabar buruk, saya mau bilang kalo kamu nanti masuk neraka.
Alhamdulillah, kata Si Tommy sambil mengusap dada and install muka polos. Loh kok malah bersyukur Tom, kata Jibril bingung. Ya Jibril, aku bersyukur karena engkau telah memberitahu aku, aku jadi sadar selama ini aku memang beramal soleh untuk mendapat surga Allah. Amal-amalku tidak benar-benar tulus mengharap ridhoNya. Jawab Tommy sambil ngusap airmatanya yang sontak rembes. Aduuuuuh,,, kasian banget lo Tom, Ga tega lama-lama Jibril langsung bilang, Ya udah deh, saya pamit ya, saya mau balik lagi. Assalamualaikum. Kata Jibril. Waalaikumsalam, kata Tommy.
Weeees, sampe lagi Jibril di Langit, langsung menghadap Allah, ya Allah ya Robbi, hamba heran dengan hambaMu yang satu itu, hamba kasih tau kalo dia bakal masuk neraka eh dia malah bilang Alhamdulillah. Jibril... Jibril.. kalo mau heran itu harusnya kamu heran sama Aku, Aku ini yang menciptakan Si Tommy itu, sudah sana kamu lihat lagi catatannya si Tommy, kata Allah. ga berapa lama Jibril balik lagi dengan muka yang tambah bingung, Kenapa Bril? Kata Allah, Ampuuun Ya Rob, ko barusan saya check tuh catatan dah berubah ya? Si Tommy jadi masuk surga. Iya Bril, karena dia sudah ridho atas ketentuanKu maka ia layak mendapat surgaKu.
Subhanallah.....

Waduh, terus gimana cara untuk pastinya biar kita bisa selamet masuk surga? Ada, yaitu tadi dengan berpasrah dan berbuat sesuatu untuk mendapat ridhonya, sepasrah-pasrahnya, seikhlas-ikhlasnya sampai kita ga peduli lagi kita mau dimasukin ke surga kek ke neraka kek... sulit ya? Bukan sulit lagi tapi suleeeeetttttt buangeddd... tapi ada tapinya nih, ini beruntungnya kita orang islam ini tuhannya Maha Pengasih dan Maha Penyayang oleh karena itu kita harus terus berusaha memperbaiki diri sehingga layak untuk mendapat ridhoNya.
Walaupun pastinya sulit sekali, setidak-tidaknya kita sudah berusaha, kebayang ga kalo kita ga berusaha? Minimal kalo kita dah berusaha kan ga penasaran.. :) kalo ada yang bilang: ‘sampai mati aku jadi penasaran hi hi hi sambil nangkring diatas pohon mainin rambutnya yang panjang terurai…  itu jelas dia ga berusaha. Tapi insyaallah pastinya akan mudah bila perjuangan kita diridhoi oleh Allah. Amiiin
Udah ya... loh ko? Pembukaannya segitu panjangnya ko tau tau ending,.. ya iya toh, hidup ini juga kan begitu, lagi enak enak kita jalanin ga taunya SIH (Surat Izin Hidup) kita dah dicabut... ya... abis deh. Makanya mumpung kita masih hidup, mumpung tobat kita masih laku, yuk mari kita sama-sama perbaiki ahlaq kita, kasian nabi kita yang kita tau dah mati-matian dia berjuang, dah cape-cape beliau ngajarin dari sahabat ke sahabat sampe ke kita, masa ga kita jalanin ya. Kan kayanya basiiiii banget kalo kita sering bilang kita Muslim tapi ga benar-benar melakukan apa yang dilakukan orang Muslim,,, tapi ya ga usah pesimis, manusia memang tempatnya lupa, yang penting kita dah berusaha. Ya udah, Closingnya kita berdoa yu buat nabi kita yang Special Edition itu, Ya Allah, Makasih banget ya Allah tlah kau kirimkan sosok manusia sempurna untuk mengajari kami ke jalan yang Engkau ridhoi. Amiiin. Ya Allah sungguh kami hanya bisa berusaha, semua adalah sesuai kehendakMu... maka kasihanilah kami wahai dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.... Amiiiiin.....


ranu_the_ocean@yahoo.com
http://ranu-mulyana.blogspot.com

3 komentar:

  1. makin bagus tulisannya...
    membuka pemahaman saya yang awam ini, terima kasih.

    BalasHapus
  2. SUBHANALLOH..OM Ranu bagus banget kutipan dan pemahamannya kita untuk mengingat Sang Pencipta alam semesta dan isinya..amiin "semoga Alloh slalu melimpahkan: Rahmat,Wahyu,Topit dan Hidayahnya kepada sang Penulisnya dan Pembacanya.. Amiin Ya Robbal Alamiin.

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum..salam hormat buatmu saudaraku...pada dasarnya kutipan dan pemahamannya sangat bagus mas....tapi secara pribadi saya masih sulit memahaminy...mungkin karena saya yang awam ini tidak terlalu konsen...tapi saya akan terus membaca dan berusaha memahaminya,semoga Alloh swt memberi taufiq,hidayah,serta ma'unahnya bagi kita semua...amin

    BalasHapus